Iblis Succubus: Benarkah Ada atau Hanya Halusinasi?

iblis succubus
Iblis Succubus: Benarkah Ada atau Hanya Halusinasi?

Iblis Succubus: Benarkah Ada atau Hanya Halusinasi? Dalam legenda abad pertengahan di Barat, Iblis Succubus atau Succuba adalah sesosok setan berwujud wanita cantik yang merayu laki-laki melalui mimpi untuk melakukan hubungan seksual. Mereka mengambil energi dari laki-laki untuk bertahan hidup hingga korban mereka kelelahan atau meninggal


Dalam pengetahuan paranormal, Inkubus adalah roh atau iblis yang menyerang seorang wanita, biasanya saat dia berbaring di tempat tidur, mencari hubungan seksual. Seorang pria juga bisa mendapat serangan seperti itu, dan dalam hal ini, roh tersebut dikenal sebagai Iblis Succubus.


Serangan seksual oleh entitas tak terlihat telah dilaporkan setidaknya sejak Abad Pertengahan. Dalam fenomena terkait, yang dikenal sebagai "sindrom hag tua," korban merasakan kehadiran beberapa entitas berbaring berat di atasnya, membuat sulit bernapas. Sensasi itu kadang-kadang bahkan disertai dengan perasaan tercekik tetapi tanpa komponen seksual dari Inkubus.


Iblis Succubus Dalam Penjelasan Ilmiah

Menurut Al Cheyne, yang mengajar di Departemen Psikologi Universitas Waterloo, ilmu kedokteran mengaitkan pengalaman aneh ini dengan sesuatu yang dikenal sebagai kelumpuhan tidur.


Kelumpuhan tidur adalah suatu kondisi di mana seseorang, yang paling sering berbaring dalam posisi terlentang, hampir tertidur, atau baru bangun dari tidur, menyadari bahwa dia tidak dapat bergerak, berbicara, atau menangis. berlangsung beberapa detik atau beberapa saat, kadang-kadang lebih lama. Orang sering melaporkan merasakan 'kehadiran' yang sering digambarkan sebagai jahat, mengancam, atau jahat. Rasa takut dan teror yang intens sangat umum terjadi."


Penelitian Ilmiah Tentang Succubus

Penelitian Cheyne menunjukkan bahwa sebanyak 40 persen dari populasi telah memiliki pengalaman seperti itu setidaknya sekali. Kelumpuhan ini disebabkan oleh pelepasan hormon selama tidur REM (rapid eye movement), keadaan mimpi yang melumpuhkan tubuh dan menahannya untuk mengeluarkan isi mimpi. 

iblis succubus
Iblis Succubus: Benarkah Ada atau Hanya Halusinasi?
Biasanya, hormon menghilang sebelum mimpi berakhir dan si pemimpi terbangun. Namun, dalam kasus yang jarang terjadi, hormon masih menekan fungsi motorik tubuh ketika orang yang tidur terbangun dan mendapati dirinya lumpuh. Otak yang terjaga mencoba menemukan penjelasan rasional untuk kelumpuhan ini dan dengan demikian menciptakan kehadiran atau entitas mengerikan.

Apakah Kehadiran Iblis Succubus Hanya Halusinasi?

Dalam kasus yang lebih jarang, fenomena tersebut disertai dengan halusinasi yang mengerikan, seperti bentuk hitam, setan, ular, nenek tua itu sendiri dan bahkan alien kecil berwarna abu-abu. Beberapa ilmuwan percaya bahwa perasaan kelumpuhan yang mendalam bisa menjadi bentuk laten manusia dari "imobilitas tonik", tindakan berpura-pura mati yang sering diandalkan hewan ketika dibuntuti, dikejar, disita, dan diserang strategi upaya terakhir yang dipicu oleh rasa takut atau pengekangan.


Gangguan Iblis Succubus atau Psikologis?

Kelumpuhan tidur mungkin menjelaskan fenomena lama, tapi bagaimana dengan serangan seksual? Laporan tentang pengalaman ini terlalu sering untuk diabaikan. Film 1981 "The Entity," yang dibintangi Barbara Hershey, didasarkan pada satu kasus seperti itu. Ini bercerita tentang seorang wanita di Culver City, California, yang berulang kali diperkosa di rumahnya oleh kekuatan tak terlihat.


Aktris Lucy Liu memberi tahu majalah US tentang pertemuan seksualnya dengan roh misterius. "Saya sedang tidur di futon saya," kata Liu, "dan semacam roh turun dari langit yang tidak tahu di mana dan bercinta dengan saya. Itu adalah kebahagiaan belaka. Saya merasakan segalanya. Saya mencapai klimaks. Dan kemudian dia melayang pergi. Sesuatu datang turun dan menyentuhku, dan sekarang dia mengawasiku."

iblis succubus
Iblis Succubus: Benarkah Ada atau Hanya Halusinasi?
Forum online paranormal juga mendokumentasikan serangan semacam itu. Satu posting mengaku: "Saya juga telah berurusan dengan masalah ini selama bertahun-tahun.

Apa yang saya sadari adalah:

  1. Semakin saya takut, semakin besar kekuatan yang dimilikinya. Serangan meningkat.
  2. Saat saya mulai bertanya kepada Tuhan untuk bantuan, serangannya telah berkurang, tetapi belum berhenti. Saya merasa ada hubungannya dengan 'itu' dan fakta bahwa, ketika saya masih kecil, saya dianiaya oleh ayah saya."

Pengakuan ini menunjukkan hubungan psikologis yang kuat antara pelecehan seksual dan fenomena inkubus, dan akan menarik untuk mengetahui apakah ada korelasi statistik. Tidak mengherankan, banyak organisasi keagamaan—terutama yang fundamentalis menganggap fenomena itu sebagai pekerjaan kekuatan setan yang sebenarnya. 


Salah satu situs Kristen, misalnya, mengatakan bahwa "Iblis ini nyata! Setan berhubungan seks dengan pria dan wanita saat orang tersebut tidur, dan Anda tahu itu. Ini bukan mimpi, dan itu bukan imajinasi Anda. Jika Anda bertemu situasi ini, pembebasan dan peperangan rohani dapat menghentikannya."


Benarkah ada Obat Penangkal Iblis Succubus?

Jadi apa obat untuk serangan Iblis Succubus? Haruskah korban pergi ke dokter medis untuk mendapatkan bantuan dari kelumpuhan tidur? Haruskah mereka mencari nasihat dari seorang psikoterapis atau psikiater jika pengalaman tersebut adalah akibat dari trauma masa kanak-kanak? Atau, seperti yang disarankan seorang pembaca di forum paranormal, haruskah mereka mencari pengusiran setan?


Saran terbaik adalah menemui dokter medis terlebih dahulu dan melanjutkan dari sana. Bantuan psikiatri tentu akan direkomendasikan bagi individu yang pernah mengalami trauma. Tapi haruskah eksorsisme dilakukan? Dalam beberapa kasus ekstrim, seorang psikiater bahkan mungkin tidak keberatan. 


Iblis Succubus: Benarkah Ada atau Hanya Halusinasi? Karena kepercayaan yang kuat pada setan bisa menjadi akar dari masalah yang sangat kompleks bagi korbannya, melakukan ritual untuk mengusir setan, tidak masuk akal bagi sebagian orang, mungkin merupakan solusi yang tepat.